5 CARA MENCEGAH PENYAKIT WASIR

Cara mencegah wasir merupakan hal yang sangat penting untuk diketahui. Alasan utama pentingnya mengetahui cara mencegah wasir adalah karena rasa sakitnya yang akan timbul. Selain itu efek negatif dari adanya penyakit wasir adalah rasa tidak nyaman, terutama untuk jangka waktu penderita yang lama.

wasir

Apabila penyakit wasir sudah cukup parah, maka akan terjadi pendarahan ketika buang air besar. Oleh karena itu, kita harus benar-benar bisa mencegah wasir, jangan sampai kita terjangkit oleh penyakit tersebut.

Berikut adalah cara mencegah penyakit wasir:

1. Mengonsumsi makanan yang mengandung serat. Kandungan serat pada makanan akan membantu melunakkan tinja sehingga lebih mudah saat buang air. Makanan yang mengandung serat yakni buah-buahan dan sayuran.

2. Minumlah air putih. Dehidrasi, setidaknya cukup berpengaruh kepada faktor penyebab wasir, karena membuat tinja keras, yang membuat anda akan merasa lebih sulit untuk buang air.

3. Jangan terlalu lama duduk. Biasakan untuk tetap menggerakkan badan Anda.

4. Mandi air hangat sangat membantu anda menghindari timbulnya wasir. Karena ketika berendam dalam air hangat semua jaringan dalam tubuh akan menjadi rileks.

5. Menggunakan kertas tisu toilet yang lembut. Karena jika anda menggunakan tisu yang kasar dan keras akan menyebabkan permukaan kulit di sekitar anus ana mengalami iritasi dan cukup berbahaya apabila anda menderita wasir.

Tinggalkan komentar