Makanan Pedas Bisa Memicu Penyakit Wasir?

Bahaya Makanan Pedas

makanan pedas

Anda termasuk orang yang gemar dengan makanan pedas? Hati-hati lah, terlalu sering mengonsumsi makanan pedas dalam jangka panjang akan menyebabkan penyakit wasir.

Menurut dr. Panondang Panggabean, spesialis bedah dari klinik Rumah Wasir, makanan pedas akan mengiritasi pembuluh darah di sekitar anus sehingga terjadi bengkak.

“Makanan pedas bisa membuat mukosa bagian dalam mengalami peradangan lalu terjadi bengkak. Lama kelamaan akan muncul benjolan”, katanya dalam acara media visit ke klinik Rumah Wasir di Jatiasih, Bekasi.

Dalam situasi peradangan mukosa ini, akan menjadikan saluran pencernaan khusunya rektum menjadi lebih sulit dilalui oleh kotoran, keadaan ini disebut dengan hemoroid atau wasir biasa juga disebut ambeien. Jika seseorang yang mengalami wasir terus memaksa untuk mengeluarkan kotoran disinilah akan terjadi ruptur pada pembuluh darah menyebabkan kotoran bercampur darah.

cabai
Beliau mengungkapkan bahwa selain makanan pedas, jarang mengonsumsi makan berserat juga akan menyebabkan feses menjadi keras sehingga bisa menyebabkan pembengkakan pembuluh darah. Mengonsumsi alkohol juga bisa memicu wasir. Selain itu, terlalu banyak duduk juga bisa menyebabkan pembesaran pembuluh darah vena di daerah dubur.Proses timbulnya wasir karena terlalu sering duduk ialah saat duduk darah akan menjadi terkumpul di bokong dan membuat pembuluh darah menjadi lebar, gejala awal biasanya hanya merasakan panas.

Biasanya juga wasir yang disebabkan karena terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas akan mengalami jari yang lebih berat. Jadi bagi Anda yang hobi mengonsumsi makanan juga minuman pedas sebaiknya mulai saat ini dikurangi.

Artikel Terkait:

Obat Alami Penyakit Wasir

Cara Mencegah Penyakit Wasir

Tinggalkan komentar